Upayakan Pembinaan WBP Lebih Maksimal, Rutan Kelas 1 Depok dan Pemkot Depok Jalin MoU

Upayakan Pembinaan WBP Lebih Maksimal, Rutan Kelas 1 Depok dan Pemkot Depok Jalin MoU

Depok | detikcom – Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Kota Depok, Andi Gunawan menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan Instansi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Stakeholder dan Mitra Kerjasama pada Rabu, 01/02/2023.

Kegiatan yang dilaksanakan usai Peringatan Isra Mi’raj tersebut bertujuan menjalin sinergitas yang lebih baik dalam melakukan pembinaan kepada para WBP, agar setelah bebas nanti mereka bisa menjadi masyarakat yang baru, masyarakat yang aktif, produktif, dan tidak kembali melanggar hukum.

“Mudah-mudahan segala niat baik kita ini menjadi berkah untuk kita semua”, ujar Andi.

Dalam kesempatan tersebut Andi juga menuturkan, bahwa Rumah Tahanan Negara (Rutan) adalah Unit Pelaksana Tekhnis Pemasyarakatan, yang target utamanya adalah merawat tahanan, baik itu yang sedang berproses hukum, menghadapi persidangan sampai upaya hukum terakhir, Kasasi ataupun Peninjauan Kembali (PK).

Baca juga:  Pemasaran Konten Efektif Di Bandar Lampung 2023

“Tugas kami sebenarnya sederhana, merawat tahanan supaya mereka sehat lahir batin, siap menghadapi proses persidangan yang akan mereka hadapi”, tandasnya.

Namun, lanjut Karutan, karena keadaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), khususnya yang ada di Jawa Barat, dan umumnya di seluruh Indonesia mengalami over kapasitas, sehingga yang seharusnya tahanan sudah di vonis dan dipindahkan ke Lapas, tidak bisa di laksanakan. Dalam arti, mereka tetap berada di Rutan, oleh karena hal itulah maka, tugas kami bertambah yakni harus melaksanakan pembinaan.

Baca juga:  Pemberdayaan Karang Taruna Wargajaya Sukamakmur Melalui Pengolahan Sampah

“Tujuan penyuluhan pembinaan adalah pemasyarakatan, bagaimana kami bisa memulihkan hubungan kehidupan, dan penghidupan para warga binaan”, tuturnya.

Menurut Andi, tugas pihaknya tersebut, akan terasa lebih mudah, jika dengan adanya MoU bersama instansi Pemkot Depok, para stakeholder serta mitra kerjasama yang lainnya.

“Kami sangat mengapresiasi , karena ini adalah salah satu do’a kami yakni : agar senantiasa diberikan kemudahan serta keselamatan, dan dengan hadirnya para tamu undangan do’a kami terkabulkan, karena kehadiran Bapak Ibu disini, dapat membantu kami memudahkan tugas kami”, tutur Karutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Asloe’ah Madjri mengatakan, bahwa dirinya hadir di Rutan Kelas 1 Depok untuk penandatanganan kerjasama MoU, antara Rutan Kelas 1 Depok dengan Pemkot Depok dalam hal ini adalah Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan seluruh stakeholder yang berkerjasama.

Baca juga:  Pengelolaan Proyek Kompleks Di Bandar Lampung Ampuh

“Kami sangat mengapresiasi, ini adalah suatu kerjasama yang sangat baik, dan kami dari Pemerintahan Kota Depok tentu saja sangat mendukung kerjasama ini”, ujar Asloe’ah Madjri.

Menurutnya, kerjasama antara pihak Pemkot Depok dengan Rutan Kelas 1 Depok, sudah terjalin dengan baik. Dirinya berharap, dengan adanya penandatanganan MoU ini, maka akan lebih terjalin lagi kerjasama yang semakin baik, harapnya. (Emy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *