Wisata Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur

detikcom.id | Borobudur adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Indonesia. Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada abad ke-8 dan dianggap sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Berikut ini adalah informasi tentang wisata Borobudur yang patut Anda ketahui:

Sejarah Borobudur

Borobudur dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Syailendra. Candi ini dibangun sebagai pusat kegiatan agama Buddha dan sekaligus sebagai tanda kebesaran dan kekuasaan kerajaan. Borobudur merupakan salah satu candi terbesar di dunia dan dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia. Candi ini ditemukan pada tahun 1814 oleh Raffles, seorang gubernur Inggris di Jawa.

Baca juga:  Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Bogor

Pembangunan Borobudur

Borobudur dibangun dengan teknik merangkai batu tanpa menggunakan semen atau perekat lainnya. Batu-batu tersebut diangkut dari daerah sekitar candi dengan cara ditarik oleh hewan seperti kerbau atau sapi. Proses pembangunan Borobudur memakan waktu sekitar 75 tahun dan mempekerjakan ribuan pekerja.

Arsitektur Borobudur

Borobudur terdiri dari sembilan tingkat dan memiliki 2.672 relief dan 504 arca Buddha. Relief-relief tersebut menceritakan tentang kehidupan Buddha dan ajarannya. Pada tingkat puncak terdapat 72 stupa yang masing-masing berisi arca Buddha.

Baca juga:  Wajah Baru Jalan MH. Thamrin Bojonegoro

Aktivitas di Borobudur

Selain berwisata, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas di Borobudur, seperti meditasi, yoga, dan melihat sunrise. Meditasi dan yoga di Borobudur bisa membantu Anda menenangkan pikiran dan merasakan kedamaian. Sunrise di Borobudur juga sangat indah dan menjadi salah satu pemandangan yang patut untuk dilihat.

Tiket dan Jam Buka

Baca juga:  Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Bogor

Untuk masuk ke Borobudur, Anda perlu membayar tiket masuk. Harga tiketnya berbeda-beda tergantung pada kewarganegaraan dan hari-hari tertentu. Anda juga bisa memilih paket-paket wisata yang sudah termasuk tiket masuk ke Borobudur. Borobudur buka dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore.

Jadi, itu dia informasi tentang wisata Borobudur yang patut Anda ketahui. Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik dan layak untuk dikunjungi. Selamat berwisata!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *