Pemberdayaan Karang Taruna Wargajaya Sukamakmur Melalui Pengolahan Sampah

Pemberdayaan Karang Taruna Wargajaya Sukamakmur Melalui Pengolahan Sampah

Bogor | detikcom – Sampah merupakan sumber persoalan yang sampai saat ini belum diupayakan pengelolaan dengan baik. Tempat Pembuangan Akhir masih mengalami kendala dalam menangani terkait dengan lahan yang semakin susah ditemui. Persoalan sampah tidak hanya tanggungjawab pemerintah tetapi juga peran aktif masyarakat diperlukan dalam pengelolaan sampah. Sampah dapat dimanfaatkan untuk didaur ulang sehingga mempunyai nilai tambah dan mengurangi volume sampah yang ada di TPA (02/02/23).

Permasalahan sampah di Desa Wargajaya, Kec. Sukamakmur Kabupaten
Bogor juga berangsur dikelola dengan baik semenjak hadirnya Karang Taruna Desa WargaJaya, yang dikelola, dan sudah terkoordinasi dengan baik sehingga menjadi nilai pemberdayaaan, untuk mencapai kesejahteraan sosial.

Melihat latar belakang dan permasalahan yang dihadapi oleh warga desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten bogor, maka perlu dilakukan sebuah tindakan nyata untuk pengelolaan sampah tersebut. Berdasarkan diskusi dengan berbagai pihak bahwa untuk penanganan sampah di wilayah desa akan ditangani dan dipimpin oleh Karang Taruna Desa.

Saat ini, Karang Taruna desa Wargajaya sudah memiliki tempat dan bangunan yang memang rencananya digunakan khusus untuk penanganan dan pengolahan sampah. Akman selaku Pengelola mengaku bahwa Pengelolaan sampah ini sudah berjalan sekitar dua minggu, ia juga menuturkan memiliki kendala kekurangan alat untuk memproduski sampah yang lebih masif mengingat kuantitas sampah yang di hasilkan tak berimbang dengan alat yang mereka miliki saat ini.

Baca juga:  Pemasaran Digital Efektif Di Bandar Lampung Cemerlang

“Terimakasih kepada Pak Arifin selaku pihak dari Villa Khayangan yang sangat mendukung secara konkret. Kami berharap ada dukungan nyata dari pemerintah, baik Desa, Kecamatan, Kabupaten atau Dinas terkait untuk mendukung penanganan, pengelolaan dan penanggulangan sampah di desa Warga jaya”, tutur Akman Humas Karang Taruna Desa Wargajaya.

Akman menambahkan lahan tempat mereka kelola masih milik pengurus dan estimasi dari biaya sekitar 17 juta berkat dukungan dari Villa Khayangan sisanya kolektif pengurus Karang Taruna desa Wargajaya kecamatan Sukamakmur.(Asep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *