Perkuat Pendidikan Vokasi, PNL dan Disdik Aceh, Serta Cabdin Seluruh Aceh Teken MoU

Daerah116 Dilihat

Lhokseumawe | detik News – Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh sepakat melakukan kerja sama, bentuk kerja sama itu dijabarkan dalam naskah Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh dua pimpinan instansi. Kegiatan penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan dalam sebuah rangkaian acara serimonial di Aula Lantai III Gedung Utama PNL yang terletak di Buketrata, Kota Lhokseumawe,  pada Jumat, (13/01/2023).

Direktur PNL Ir. Rizal Syahyadi, ST. M.Eng.Sc menandatangani naskah MoU, sementara Disdik Aceh diwakili Kabid SMK Dr. Asbaruddin, S.TP. MM. M.Eng. Selain penandatanganan MoU dengan Disdik Aceh, juga dilakukan penandatanganan MoU dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten/Kota di seluruh Aceh.

Dalam naskah MoU itu disebutkan, jangka waktu kerja sama antara PNL dengan Disdik Aceh dan Cabang Dinas Pendidikan adalah selama lima tahun.

Selain itu, juga dilaksanakan  penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara beberapa Ketua Jurusan di PNL dengan Kepala Sekolah SMK Pusat Keunggulan yang menjadi pendampingan PNL, yakni SMKN 1 Jantho, Aceh Besar, SMKN 2 Karang Baru, Aceh Tamiang, SMKN Al-Mubarkeya, Aceh Besar, SMKN 3 Takengon, Aceh Tengah, dan SMKN 1 Bener Meriah.

Baca juga:  Pemdes Cibadak Inisiatif Mempercantik Wajah Kantor Desa, Untuk Menyambut Hut RI ke-77

Dalam sambutannya Direktur PNL Rizal Syahyadi yang biasa disapa Didi memparkan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh SMK sama juga dengan apa yang dijalankan oleh politeknik dalam level pendidikan yang berbeda.

“Untuk itu, mari kita ramu kurikulum, yang berorientasi dunia kerja,” ajak Didi.

Didi menerangkan bahwa di PNL dulunya persentase siswa SMK yang masuk ke PNL lumayan kurang, namun dalam 2 tahun terakhir sudah hampir 60 persen siswa PNL berasal dari SMK.

“Harusnya memang lulusan SMK cocoknya melanjutkan ke Politeknik, karena dalam satu rumpun vokasi,” pungkas Didi.

Menurut Didi, ruang lingkup kerjasama yang disepakati diantaranya tentang pembantuan tenaga pengajar, program magang, kursus dan penataran dalam berbagai bidang keahlian, lokarkarya dan seminar kolaborasi, workshop dan pelatihan, pengembangan profesi implementasi merdeka belajar kampus merdeka, pemanfaatan tenaga ahli bidang pendidikan, program penelitian bersama, program pengabdian kepada masyarakat, serta pembantuan manajemen secara terpadu dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.

Baca juga:  5 tempat wisata sungai di Jakarta Selatan terupdate

Sementara itu Asbaruddin dalam sambutannya mengatakan, bahwa Politeknik dan SMK tak berbeda kurikulumnya.

“Untuk itu memang sudah relevan untuk bekerjasama dan berkolaborasi. Koneksi dan silaturahmi sangat penting dalam rangka mengembangkan pendidikan vokasi, khususnya di Provinsi Aceh, dan mengajak seluruh Cabdin untuk berpartisipasi aktif membangun kerjasama dengan PNL,” ungkap putra Singkil ini.

Sementara itu, dalam kesempatan sosialisasi dan promosi PNL itu di hadapan tamu undangan, Wakil Direktur I PNL Ir. Zamzami, ST. M.Eng memaparkan tentang sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023.

“Tahun ini penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK – SNBT) dan jalur Penelusuran Prestasi Masuk Politeknik Negeri (PPMPN). Ungkap Zamzami.

Zamzami menambahkan, saat ini PNL memiliki 4.000 lebih mahasiswa dengan jumlah dosen sebanyak 293 orang, yang terdiri dari satu orang profesor, S3 dan S2.

“Di PNL ada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memiliki 95 asesor berlisensi BNSP dengan 28 skema internal dan 7 skema eksternal, serta 181 tenaga kependidikan,” pungkas Zamzami.

Baca juga:  Road Show Wakil Bupati Pemalang di Desa Widodaren Kecamatan Petarukan

Turut hadir seluruh Manajemen PNL dari Wakil Direktur, Ketua dan Sekretaris Senat, Ketua Jurusan, Kepala Pusat, Kepala Unit, Pejabat Fungsional dan Koordinator di lingkungan PNL.

Sementara dari Cabang Dinas Pendidikan hadir Kacabdisdik Kota Lhokseumawe Supriariadi, S.Pd, Kacabdisdik Aceh Utara Drs. Ahmad Yamani, M.Pd, Kacabdisdik Bireuen Abdul Hamid, S.Pd. M.Pd, Kacabdisdik Aceh Timur Rahmatsah Putra, S.Pd, Kacabdisdik Kota Langsa Drs. Muhammad Daud, MM, Kacabdisdik Aceh Tamiang Bahtiar, S.Pd. M.Si, Kacabdisdik Bener Meriah Sukardi, S.Pd. M.Si, Kacabdisdik Aceh Tengah Drs. Khalidi, M.Pd, Kacabdisdik Gayo Lues Basri, S.Pd, Kacabdisdik Pidie dan Pidie Jaya Razali, S.Pd. M.Pd, Kacabdisdik Kota Banda Aceh dan Aceh Besar Syarwan Joni, S.Pd. M.Pd, Kacabdisdik Sabang Mohd. Iqbal AR, M.Si, Kacabdisdik Aceh Jaya Rahadian, SE. M.Pd, Kacabdisdik Aceh Barat Abd. Azis, SH. M.Si, Kacabdisdik Aceh Barat Daya Drs. Nasrun, MM dan Kacabdisdik Aceh Selatan Annadwi, S.Pd. M.Pd. (Murhaban)

Follow Berita detik News di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *