UPER Gandeng UTP Malaysia dan UI, Luncurkan Program Gelar Sarjana Dobel

UPER Gandeng UTP Malaysia dan UI, Luncurkan Program Gelar Sarjana Dobel

Jakarta | detikcom – Survei yang dilakukan penyedia jasa pendidikan INTO University Partnership di tahun 2021 menunjukkan, sebanyak 90% Gen Z tertarik kuliah di luar negeri untuk menambah pengetahuan, pengalaman, dan skills sebelum memasuki dunia kerja. UNESCO Institute of Statistics pun mencatat, lebih dari 50.000 Mahasiswa Indonesia yang berkuliah di luar negeri pada tahun 2022.

Menyikapi fenomena ini, Universitas Pertamina bekerjasama dengan Universiti Teknologi Petronas (UTP) sebagai kampus swasta terbaik di ASEAN versi QS World University Rankings Broad Subjects 2022, melakukan sinergitas program Dual Degree bagi Mahasiswa program Studi Teknik Kimia.

“Program ini memungkinkan Mahasiswa untuk lulus dengan menyandang dua Ijazah dan dua gelar yakni : Sarjana Teknik dari Universitas Pertamina dan Bachelor of Chemical Engineering (Hons). Dengan waktu studi hanya empat tahun. Program Dual Degree ini diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi mahasiswa,” ungkap Pjs Rektor Universitas Pertamina, Budi W. Soetjipto, Ph.D.

Baca juga:  PT. Multimas Nabati Asahan Kuala Tanjung (PT. Wilmar Group) Tutup Program Guru Magang SMK Negeri 1 Air Putih

Budi menyebut, program yang pertama kali dilaksanakan pada Tahun Akademik 2021/2022 tersebut, memberikan kesempatan bagi para Mahasiswa untuk menjalankan perkuliahan dengan skema 2+2 yakni : dua tahun pertama di Universitas Pertamina dan dua tahun selanjutnya di Universiti Teknologi Petronas.

Deputy Vice-Chancellor Academic Universiti Teknologi Petronas (UTP) , Prof. Ir. Hilmi Mukhtar pun mengatakan, UTP adalah kampus multikultural yang selalu mengedepankan kenyamanan bagi Mahasiswa dalam proses pembelajaran.

“Di UTP, para Mahasiswa nantinya akan belajar menggunakan fasilitas yang canggih bersama para Dosen akademisi dan praktisi yang berpengalaman. Kami juga memiliki keterkaitan yang kuat dengan dunia industri dan bekerjasama dengan perusahaan internasional seperti Shell, Exxonmobil, Halliburton, Intel, dan masih banyak lagi”, ungkap Hilmi.

Sementara itu, Vega Taries salah satu Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Pertamina berharap, dengan mengikuti program Dual Degree dapat menambah ‘Soft Skills’ terutama ketika harus berinteraksi dengan individu dari budaya yang berbeda.

Baca juga:  Film Karya Terbaik Mahasiswa UPER Sisihkan Ribuan Peserta Kelas Dunia, dan Raih Juara Pertama di Ajang Kompetisi Sony Asia Pasifik

“Keragaman budaya dalam proses kegiatan belajar tentunya akan membuka cakrawala dan menambah pengalaman baru bagi saya. Serta membangun semangat belajar yang tinggi”, bebernya.

Masih dalam tahapan kerjasama dengan Universiti Teknologi Petronas, pada Tahun Akademik 2023/2024, akan segera dibuka program Dual Degree kembali untuk program studi Teknik Geofisika dan Kimia.

Selain program Dual Degree Budi menambahkan, Universitas Pertamina juga baru saja menjajaki kerjasama bersama Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), dalam Credit Earning Program, atau program percepatan belajar.

“Mahasiswa yang mengikuti program ini dapat memperoleh gelar Sarjana Teknik dari UPER, dan gelar Magister Teknik dari UI dalam jangka waktu 5 tahun saja. Adapun program studi yang dibuka oleh UI diantaranya : Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Kimia”, terang Budi.

Baca juga:  'Akihiko' Inovasi Mahasiswa UPER dalam Budidaya Maggot sebagai Solusi Pakan Ternak yang Ramah Lingkungan dan Ekonomis

Tidak hanya dengan perguruan tinggi dalam negeri, UPER juga memiliki program serupa dengan kampus kenamaan mancanegara yakni : Multimedia University Malaysia (MMU) yang membuka program percepatan belajar dengan program studi Teknik Elektro, dan Universite de Nantes Perancis yang bekerja sama dengan program studi Teknik Kimia dan Ilmu Komputer.

Sebagai kampus yang lahir dari dunia industri, Universitas Pertamina unggul dalam memberikan pengalaman praktis bagi para Mahasiswa melalui kegiatan praktikum di laboratorium, mendatangkan Dosen – Dosen Praktisi, serta praktik magang industri di Pertamina Group maupun perusahaan lainnya.

Saat ini, kampus besutan PT.Pertamina (Persero) tersebut, kembali membuka pendaftaran Seleksi Nilai Rapor (Non Tes) periode Maret untuk Tahun Akademik 2023/2024.

Universitas Pertamina (UPER) juga menyediakan beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi melalui Beasiswa Generasi Juara.

Ilustrasi: Mahasiswa Teknik Kimia saat melakukan praktikum di Laboratorium Operasi Teknik Kimia

Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id
(Arf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *