Peringati Isra’ Mi’raj, Warga Langsa Antusias Dengar Dakwah Haji Uma

Peringati Isra’ Mi’raj, Warga Langsa Antusias Dengar Dakwah Haji Uma

Langsa | detikcom – Anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman atau akrab dikenal Haji Uma menjadi penceramah pada acara Dakwah Islamiah dalam rangka peringatan Isra’ Mi’raj di Masjid Nurhidayah, Desa Alue Dua Bakaran Bate, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa pada Minggu 5/3/2023 malam.

Hadirnya anggota Komite lV yang juga pimpinan Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPD RI sebagai penceramah tersebut, menjadi magnet bagi masyarakat di Kabupaten setempat.

Terlihat dari animo masyarakat yang hadir dilokasi acara dakwah, yang tak kurang seribu orang warga memenuhi areal pekarangan Masjid Nurhidayah dan dipinggiran jalan.

Baca juga:  Antispasi Aksi Tawuran Pelajar, Sat Samapta Polres Bogor Gelar Patroli di Jam Rawan Bubaran Sekolah

Prosesi acara dakwah dimulai sekitar pukul 09.30 WIB yang dibuka dengan pembacaan ayat suci Al – Quran, dan kata sambutan dari Kepala Desa Alue Dua Bakaran Bate, serta penyampaian materi dakwah dan pembacaan do’a yang sekaligus menutup rangkaian acara oleh Haji Uma.

Dari suasana dilokasi dakwah, warga yang hadir terkesan memang sudah menantikan kehadiran Haji Uma. Apalagi Panitia Pelaksana juga telah mensosialisasikannya jauh hari sebelum acara.

Sehingga masyarakat terlihat betah menunggu hingga selesainya acara dakwah jelang pukul 11.30 WIB, tidak terkecuali para anak – anak kecil dan Ibu Rumah Tangga.

Baca juga:  Arus Kali Jagir Deras "Pencarian Korban Tenggelam Dihentikan" Petugas Dirikan Posko di Depan Mangga Dua

Dalam penyampaian materi dakwahnya H.Uma menekankan, pentingnya melaksanakan Sholat yang tidak saja sebagai kewajiban manusia kepada Allah SWT. Namun juga, sebagai instrumen pertahanan dalam membentengi diri dari segala kemungkaran.

Haji Uma juga menceritakan tentang prosesi perjalanan Rasulullah SAW menghadap Allah SWT untuk menerima perintah Shalat yang diperingati sebagai Isra Mi’raj setiap tahunnya.

“Sebagai umat Nabi Muhammad SAW kita jauh lebih ringan terhadap perintah Shalat, jika dibandingkan dengan perintah terhadap kaum Nabi – Nabi sebelumnya”, ucapnya.

Baca juga:  Breaking News: Gedung Mabes Polri Terbakar, 15 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

Esensi utama lain yang disampaikan Haji Uma kepada para jamaah yang hadir, agar kiranya meneladani sikap dan perilaku Rasulullah SAW dalam menjalani kehidupan baik dalam konteks hubungan dengan Allah SWT, maupun hubungan sesama manusia, termasuk sikap teladan dalam membina keluarga.

Acara dakwah selesai sekitar pukul 11.30 WIB yang ditutup oleh Haji Uma sendiri dengan pembacaan do’a. Setelah acara berakhirnya, para panitia serta warga berebut kesempatan untuk dapat berphoto bersama yang disambut dengan ramah tamah oleh Haji Uma. (Rizki.M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *