Test Produk ‘Pentol Pangsit Aci Kuah’ Ludes Terjual, UMKM Binaan Katar Kelurahan Mampang Layak Untuk Dikembangkan

Ekonomi123 Dilihat

Depok | detikNews – Dapatkan Stand Prioritas pada acara festival UMKM yang digelar Smartfren WOW 100% Depok, pada Sabtu, 28 Januari 2023 di Lapangan Rangkapan Jaya, Kelurahan Rangkapan Jaya Lama (RJL), Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Test Produk UMKM ‘Pentol Pangsit Aci Kuah Taichan’ binaan Karang Taruna Kelurahan Mampang ludes terjual.

Ishaq, salah seorang jajaran pengurus Karang Taruna Kelurahan Mampang mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi para pelaku pemula UMKM untuk dapat melakukan ‘Test Produk’ langsung kepada para tamu undangan yang menghadiri acara tersebut.

“Acara Festival UMKM ini sangat luar biasa, dan ini adalah salah satu inovasi terbaik bagi perkembangan dunia usaha kecil khususnya yang berada di Kota Depok”, ucapnya, Sabtu 28/1/2023.

“Kita ikut buka Stand Festival UMKM di acara ini karna mendapatkan undangan khusus dari pihak panitia, dan produk dagangan yang di bawa cuma 1 produk yakni : Pentol Pangsit Aci Kuah Taichan. Produk ini hasil dari binaan teman-teman kita di Katar Kelurahan Mampang, terutama Bang Andi Widian/Bendil selaku Ketuanya, dan untuk setiap harinya kita mangkal di sebelah SDN Mampang 3, kemudian untuk regulasi anggaran permodalan, sumber dana kita itu berasal dari kas anggota”, ungkap Ishaq.

Baca juga:  Aplikasi Penghasil Uang

Sementara itu, Andi Widian (Bendil) menerangkan, bahwa meningkat atau menurunnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya keterlibatan UMKM. Sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 4, bahwa UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian, dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan UMKM sendiri memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

“Sebagai salah satu pilar perekonomian Indonesia, UMKM memiliki peran yang sangat signifikan, dan memiliki kontribusi besar terhadap PDB yakni 61,97% dari total PDB nasional atau setara dengan Rp. 8.500 triliun pada tahun 2020. Untuk itu, kami akan terus berupaya menyelamatkan regulasi perekonomian para generasi masa depan Kelurahan Mampang lewat jalur pemberdayaan UMKM”, terang Bendil.

“UMKM menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar yaitu 97% dari daya serap dunia usaha pada tahun 2020. Jumlah UMKM yang banyak berbanding lurus dengan banyaknya lapangan pekerjaan di Indonesia sehingga UMKM memiliki andil besar dalam penyerapan tenaga kerja. Kami akan terus fokus melakukan berbagai inovasi dan edukasi dalam mewujudkan profesionalitas pelaku UMKM untuk menyambut era masa depan yang gemilang”, ungkapnya.

Baca juga:  sewa iphone murah di Samarinda terupdate

Ketua Karang Taruna Kelurahan Mampang ini menilai, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah, dan menurutnya masa depan para pelaku UMKM kedepan bisa diprediksi akan terus meningkat dan akan menjadi salah satu profesi yang akan di idamkan semua elemen bangsa.

“Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi. Jadi, pemberdayaan UMKM sendiri akan menjadi salah satu profesi primadona bagi setiap para pelaku usaha baik ditingkat bawah maupun para pengusaha besar kedepannya”, lanjutnya.

“Dilihat ataupun tidak atas upaya-upaya yang kami lakukan dalam perbaikan perekonomian masyarakat khususnya di Kelurahan Mampang oleh Pemkot Depok, kami akan tetap fokus menjalani program ini, karena kami yakin UMKM Kota Depok kedepan akan mampu menembus jalur internasional, yang akan terus aktif berkontribusi dalam lingkaran para pengusaha dunia luar. Tetap semangat Karang Taruna ku, mari berbuat, berinovasi, dan tetap terus menjaga profesionalitas dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat kita, Bravo Karang Taruna Kelurahan Mampang”, sambung Bendil.

Baca juga:  Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

“Alhamdulillah pihak Smartfren sangat antusias dengan UMKM, di sela – sela kegiatan kami di Karang Taruna masih terus bersinergi bersama kami dengan mengundang ngopi bareng dan membahas tentang UMKM, dan Alhamdulilah juga telah terbangun kerjasama kedepannya untuk UMKM bersama Smartfren Comunity, yang insyaallah nanti, kita buat Workshop bersama Smartfren”, imbuhnya.

“Ini terobosan bagus yang diadakan Smartfren. Selain berbisnis, Smartfren ini memperhatikan para pelaku UMKM yang masih butuh dorongan untuk maju, terutama dibidang Digital Marketingnya. Semoga langkah langkah ini mampu membawa perekonomian semakin maju menuju masa depan”, pungkas Bendil.(Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *