Karena Berobat Terlalu Jauh, Warga Kelurahan Pancoran Mas Berharap Pemkot Depok Bangunkan Puskesmas Diwilayahnya

Karena Berobat Terlalu Jauh, Warga Kelurahan Pancoran Mas Berharap Pemkot Depok Bangunkan Puskesmas Diwilayahnya

Depok | detikNews – Hingga saat ini ternyata masih ada beberapa Kelurahan di wilayah Kota Depok yang belum memiliki fasilitas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), padahal adanya Puskesmas adalah sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan dasar masyarakat yang amat penting.

Salah satu Kelurahan di wilayah Kota Depok yang hingga saat ini belum memiliki Puskesmas yakni : Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Juharia, seorang warga Kelurahan Pancoran Mas, mengeluhkan, jauhnya jarak jika ingin berobat ke Puskesmas.

“Kelurahan Pancoran Mas belum punya Puskesmas, kita kalau sakit berobatnya ke Puskesmas di Kelurahan Depok, jalan Kartini. Jaraknya lumayan jauh, ya mau bagaimana lagi ?, kalau berobat ke klinik harganya kan lumayan mahal. Bapak Walikota, kapan dong kita di bangunin Puskesmas, biar gak jauh lagi, gak usah naik ojek lagi,” ujarnya, Jum’at, 27/01/2023.

Baca juga:  Rutan Kelas 1 Depok Berikan Hak WBP Melalui Sidang TPP

Hal serupa juga dikeluhkan Ibu Ani yang menyebut, bahwa jarak Puskesmas di Kelurahan Depok lumayan jauh, terlebih dengan adanya jalan Underpass Dewi Sartika.

“Sekarang ada Underpass, jadi kalau mau ke Puskesmas tambah jauh, karena harus muter dulu. Apalagi saya sudah tua, badan sering sakit-sakitan”, keluhnya.

Ani berharap, agar Pemkot Depok dapat segera mewujudkan keinginan warga Pancoran Mas, untuk memiliki Puskesmas sendiri.

“Saya sebagai warga Kelurahan Pancoran Mas berharap sekali punya Puskesmas sendiri, biar tidak gabung lagi dengan Kelurahan Depok, dan jaraknya juga tidak jauh lagi”, tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok, Mohammad Soleh membenarkan banyaknya keluhan warganya, yang sangat ingin memiliki Puskesmas sendiri.

“Iya memang benar, warga banyak yang mengeluhkan, dan menginginkan adanya pembangunan Puskesmas diwilayah Kelurahan Pancoran Mas”, ujar Moh.Soleh.

Baca juga:  Korban Terseret Ombak Teluk Ujung Ditemukan Mengambang Ditengah Laut

“Pastinya, pihak kami akan menampung usulan tersebut”, ucapnya.

Lebih cermat diungkapnya, bahwa keberadaan Puskesmas di jalan Kartini, yang diperuntukkan bagi dua Kelurahan yakni : Kelurahan Depok, dan Pancoran Mas, pada awalnya masih nyaman, karena jumlah penduduk saat itu belum maksimal, dan permasalahan-permasalahan pelayanan juga masih bisa ditangani dengan baik.

“Namun, saat ini seiring lajunya waktu berjalan, dengan jumlah penduduk semakin pesat dan terus bertambah, kemudian juga ada perubahan-perubahan meskipun bukan suatu kendala, tapi tetap pihak kami akan terus berkomitmen untuk berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat”, ungkapnya.

Diketahui, luas wilayah Kelurahan Pancoran Mas saat ini ada 473,58 hektare, dengan jumlah penduduk 62.427 jiwa, yang terdiri dari 21 RW, dan 137 RT yang berada di Empat Kampung yakni : Kampung Pitara, Kampung Pancoran Mas, Kampung Sengon, dan Kampung Jemblongan.

Baca juga:  Breaking News: Media Asing Soroti Bentrokan Maut PT GNI Morowali Utara

“Pelayanan yang terbaik untuk masyarakat pastinya, itu yang harus kami optimalkan. Untuk itu saya berharap, Pemerintah Kota melalui Dinas teknis, baik itu dari Dinas Kesehatan maupun dari tim anggaran Pemerintah Daerah, terutama Bapak Walikota selaku pimpinan, dapat merespon keinginan masyarakat Kelurahan Pancoran Mas yakni dapat segera melakukan pembangunan gedung Puskesmas”, tutur Moh. Soleh

Dirinya juga menerangkan, bahwa pihaknya pun sudah mengajukan surat permohonan pengadaan Puskesmas kepada Walikota Depok, tertanggal 25 Januari 2023 dan diketahui juga oleh Camat Pancoran Mas, Zikri Dwi Darmawan.

“Semoga usulan kami ini segera dikabulkan, dan secepatnya dapat terealisasi. Sehingga keinginan dan harapan warga Kelurahan Pancoran Mas bisa segera terwujud”, harap Lurah. (Emy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *