5 tempat liburan di kota Pontianak 2023

5 tempat liburan di kota Pontianak 2023

5 tempat liburan di kota Pontianak 2023. Selamat datang di Kota Pontianak, destinasi liburan yang menawarkan pesona alam, budaya kaya, dan pengalaman tak terlupakan! Jika Anda mencari tempat untuk menghabiskan liburan tahun 2023, Pontianak adalah pilihan yang tepat. Terletak di ujung barat Pulau Kalimantan, kota ini memiliki banyak atraksi menarik yang siap memanjakan Anda. Dari situs bersejarah hingga kuliner lezat, tidak ada habisnya penemuan di sini. Bersiaplah untuk menjelajahi 5 tempat liburan favorit kami di Kota Pontianak pada tahun 2023!

Kota Pontianak

Kota Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, adalah sebuah tempat yang memikat dengan pesona alamnya. Terletak di tepi Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia, kota ini menawarkan panorama yang menakjubkan. Anda dapat menghabiskan waktu santai sambil menikmati keindahan matahari terbenam di tepi sungai atau menjelajahi hutan bakau yang subur.

Selain keindahan alamnya, Kota Pontianak juga memiliki warisan budaya yang kaya dan beragam. Salah satu situs bersejarah yang patut dikunjungi adalah Tugu Khatulistiwa. Di sinilah garis lintang 0 derajat melewati Pulau Kalimantan. Anda dapat berfoto bersama tugu tersebut sebagai kenang-kenangan liburan anda.

Tidak hanya itu, Pontianak juga terkenal dengan Masjid Abdurrahman Siddik atau lebih dikenal sebagai Masjid Jami’ Pontianak. Bangunan masjid ini memiliki arsitektur megah dan indah serta menjadi salah satu simbol keagamaan bagi masyarakat setempat.

Bagi pecinta kuliner, jangan lewatkan untuk mencicipi hidangan khas Pontianak seperti Mie Kepiting dan Soto Betawi Bung Tomo yang legendaris. Rasakan nikmatnya rempah-rempah lokal dalam setiap suapan!

Pontianak juga merupakan pintu gerbang menuju destinasi wisata lain di Kalimantan Barat seperti Danau Sentarum dan Gunung Palung National Park. Jadi manfaatkan kesempatan ini untuk menjadikan Kota Pontianak sebagai basis perjalanan Anda saat menjelajahi keindahan alam Pulau Kal

Liburan di Pontianak

Liburan di Pontianak tentu menjadi pengalaman yang menarik dan berbeda dari destinasi liburan lainnya. Kota ini memiliki banyak tempat menarik yang dapat dikunjungi untuk mengisi waktu liburan Anda.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Tugu Khatulistiwa, yang merupakan ikon kota Pontianak. Di sini, Anda dapat melihat garis lintang nol derajat atau Equator yang membagi bumi menjadi dua bagian. Selain itu, ada juga patung tangan besar yang melambangkan titik temu antara dua belahan dunia.

Jika Anda menyukai aktivitas alam, maka Taman Alun Kapuas bisa menjadi pilihan tepat. Terletak di sepanjang Sungai Kapuas, taman ini menawarkan pemandangan indah serta wahana perahu tradisional sebagai sarana berkeliling sungai. Nikmatilah suasana santai sembari menikmati keindahan alam sekitarnya.

Bagi pecinta budaya lokal, Museum Negeri Pontianak merupakan tempat ideal untuk mengenal lebih jauh sejarah dan kebudayaan daerah ini. Museum ini menyimpan koleksi artefak bersejarah seperti senjata tradisional Dayak dan kerajinan khas Melayu.

Selain itu, jangan lewatkan juga Pasar Flamboyan saat berkunjung ke Pontianak. Pasar ini terkenal dengan aneka kuliner khas Kalimantan Barat seperti sate kelapa muda dan mi ketoprak Pang Rujack. Rasakan sensasi unik mencicipi hidangan lokal yang autentik di pasar tradisional ini.

Terakhir, Anda dapat mengunjungi Masjid Raya Mujahidin yang

Tempat-tempat menarik di Pontianak

Pontianak adalah sebuah kota yang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Jika Anda sedang merencanakan liburan di Pontianak tahun 2023, berikut ini adalah 5 tempat menarik yang dapat Anda kunjungi.

1. Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa merupakan salah satu landmark terkenal di Pontianak. Berdiri tegap di tengah Kota Pontianak, tugu ini menjadi simbol garis lintang nol derajat yang membagi dunia menjadi dua bagian: utara dan selatan khatulistiwa. Di sini, Anda dapat mengambil foto dengan satu kaki di belahan bumi utara dan satu kaki lagi di belahan bumi selatan!

2. Istana Kadriah
Istana Kadriah adalah istana kerajaan Kesultanan Pontianak yang telah berusia ratusan tahun. Menjadi salah satu peninggalan budaya penting, istana ini menyimpan sejarah panjang keluarga Keraton Matan Kesultanan Pontianak serta koleksi seni dan artefak berharga lainnya.

3. Pasar Flamboyan
Pasar Flamboyan merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Pontianak. Dengan suasana ramai dan warna-warni pengunjung serta pedagang lokal yang menjual aneka barang seperti makanan tradisional, pakaian, aksesori dan buah-buahan segar membuat pengalaman berbelanja Anda semakin seru.

4. Sungai Kapuas
Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang lebih dari 1.000 kilometer! Nikmatilah keindahan alam Pontianak dengan menaiki perahu dan mengar

Baca juga:  Ini Dia Hubungan Partai Garuda dengan Gerindra

Akomodasi di Pontianak

Akomodasi di Pontianak

Ketika berlibur ke Kota Pontianak, penting untuk memilih akomodasi yang nyaman dan sesuai dengan preferensi Anda. Berikut adalah beberapa pilihan akomodasi terbaik di kota ini:

1. Hotel Bintang 5: Jika Anda menginginkan pengalaman mewah selama liburan Anda, ada beberapa hotel bintang 5 yang dapat dipilih di Pontianak. Hotel-hotel ini menawarkan fasilitas lengkap seperti kolam renang, spa, gym, dan restoran eksklusif. Selain itu, staf profesional mereka akan membuat Anda merasa seperti tamu istimewa.

2. Hotel Boutique: Jika Anda mencari penginapan dengan sentuhan unik dan gaya modern, hotel boutique adalah pilihan yang tepat. Di Pontianak sendiri terdapat beberapa hotel boutique yang menampilkan desain interior yang kreatif dan suasana yang intim.

3. Guesthouse atau Homestay: Bagi para wisatawan budget-conscious atau mereka yang ingin merasakan kehidupan lokal secara lebih dekat, guesthouse atau homestay bisa menjadi opsi ideal. Di Pontianak tersedia banyak guesthouse dengan harga terjangkau namun tetap memberikan fasilitas dasar seperti AC dan kamar mandi dalam.

4. Apartemen Sewaan: Untuk liburan keluarga atau rombongan besar, menyewa apartemen bisa menjadi pilihan cerdas karena biasanya memiliki ruang lebih luas daripada hotel biasa serta dilengkapi dengan dapur sehingga memudahkan anda untuk mempersiapkan makanan sendiri.

Ingatlah untuk memesan akomodasi jauh-jauh hari sebelum liburan Anda untuk mendapatkan harga yang lebih baik dan memastikan

Baca juga:  5 cafe terbaik di kota Jakarta Selatan terupdate

Rangkuman

Rangkuman

Terletak di pulau Kalimantan Barat, kota Pontianak menawarkan berbagai tempat menarik untuk dikunjungi saat liburan. Dari situs sejarah hingga alam yang mengagumkan, Pontianak memiliki segalanya untuk memuaskan hasrat petualangan Anda.

Pertama-tama, jangan lewatkan peluang untuk menjelajahi Kota Khatulistiwa dan merasakan sensasi berdiri secara fisik di garis lintang nol. Kunjungi Tugu Khatulistiwa yang ikonis dan ambil foto sebagai kenang-kenangan unik dari perjalanan Anda.

Selanjutnya, kunjungilah Museum Kapuas Raya yang akan membawa Anda dalam perjalanan melalui sejarah Kota Pontianak. Jelajahi koleksi artefak budaya lokal dan belajar tentang warisan masa lalu yang kaya dari daerah ini.

Jika Anda menginginkan pengalaman alam yang lebih mendalam, Cobalah berkunjung ke Taman Alun Kapuas. Nikmati pemandangan indah sungai Kapuas sambil duduk santai di taman ini. Tempat ini juga sering digunakan oleh warga setempat untuk olahraga pagi atau sekadar bersantai dengan keluarga dan teman-teman.

Bagi pecinta kuliner, pastikan mencicipi makanan khas Pontianak seperti Mie Kepiting dan Es Krim Durian. Pusat Kuliner Sungai Jawi adalah tempat terbaik untuk menemukan hidangan otentik dari daerah ini. Sambil menyantap makanan lezat tersebut, nikmati juga pemandangan sungai yang menakjubkan.

Ter

detikcom.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *