Superkomputer Bertenaga AI Terbaru dari NVIDIA Akan Membantu Peneliti Membuka Rahasia Alam Semesta

Superkomputer Bertenaga AI Terbaru dari NVIDIA Akan Membantu Peneliti Membuka Rahasia Alam Semesta

detikcom.id | NVIDIA telah merilis superkomputer terbaru yang akan membantu para peneliti memecahkan misteri alam semesta. Superkomputer ini bernama Selene dan ditenagai oleh kecerdasan buatan (AI), memiliki kemampuan pengolahan data sebesar 100 exaflops atau 100 quintillion operasi per detik. Selene adalah salah satu superkomputer paling kuat di dunia dan akan membantu peneliti dalam bidang kosmologi dan astrofisika mempercepat riset dan memecahkan misteri di sekitar alam semesta.

Superkomputer Selene akan digunakan untuk memproses data dari survei langit terbesar yang pernah dilakukan, yaitu Dark Energy Spectroscopic Instrument (DESI). DESI akan memetakan lebih dari 30 juta galaksi untuk membantu memahami alam semesta dan mengungkapkan rahasia tentang energi gelap, materi gelap, dan struktur kosmos pada skala yang lebih besar.

Baca juga:  Kemenangan Gugatan Paten: Google Dinyatakan Bersalah dan Dihukum Bayar Ganti Rugi Rp 5 Triliun

Selene juga akan membantu peneliti dalam riset lain, termasuk simulasi perubahan iklim global, penyelidikan biomolekul, dan pengembangan obat-obatan baru. Superkomputer ini akan menjadi alat yang sangat penting dalam memajukan riset ilmiah di berbagai bidang.

Dalam istilah sederhana, Selene dapat melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kecerdasan buatan dengan sangat cepat, termasuk simulasi numerik, pengolahan citra, dan analisis data. Hal ini akan membuka pintu untuk penemuan baru dan membantu mengungkap rahasia alam semesta yang masih belum terpecahkan.

Baca juga:  Harga Motor H2 Di Kota Bogor Terkini

Selene bukan hanya membantu peneliti mempercepat riset mereka, tetapi juga memberikan keuntungan lain yang signifikan. Misalnya, Selene dapat membantu menghemat waktu dan uang, karena peneliti dapat melakukan riset yang lebih banyak dan kompleks dalam waktu yang lebih singkat, serta dapat meningkatkan keakuratan hasil riset.

Dalam dunia ilmiah dan teknologi, Selene akan menjadi sebuah tonggak sejarah. Dengan kemampuan yang luar biasa, Selene akan membuka pintu untuk penemuan baru dan membantu mengungkap rahasia alam semesta yang masih belum terpecahkan. Superkomputer Selene dari NVIDIA akan menjadi alat yang sangat penting dalam memajukan riset ilmiah di berbagai bidang dan membantu kita memahami alam semesta dengan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *