Tebing di Desa Kalijaya Longsor Sebabkan Rumah Warga Tertimbun

Tebing di Desa Kalijaya Longsor Sebabkan Rumah Warga Tertimbun

Kebumen | DetikNews – Hujan lebat yang mengguyur di Desa Kalijaya, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen menyebabkan longsor di bukit samping rumah Salimun, pada Sabtu 28 Januari 2023.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha, meski tak ada korban jiwa, longsor yang terjadi sekitar pukul 12.00 WIB, nyaris menimbun rumah Salimun.

“Tidak ada korban jiwa. Namun, dalam kejadian itu kandang ayamnya yang berada di belakang rumah roboh terkena longsoran”, jelas Aiptu Catur Minggu 29 Januari 2023.

Selanjutnya Kapolsek Alian Iptu Awaludin saat dikonfirmasi mengatakan, tebing yang longsor kurang lebih seluas 6×5 Meter.

Polsek Alian bersama dengan TNI dan Kawasan Siaga Bencana Kecamatan Alian, serta warga setempat, bergerak cepat menyingkirkan material longsor. Bekas longsor juga ditutup dengan terpal untuk menghindari longsor susulan.

Baca juga:  Rencana Pengembangan Bisnis Di Bandar Lampung Mengejutkan

“Kalau diguyur hujan lebat, bisa saja terjadi longsor susulan. Namun, untuk meminimalisir kejadian longsor susulan kita tutup bekas longsor menggunakan terpal. Sehingga, jika nanti turun hujan bisa mengurangi resiko”, ungkap Kapolsek Alian yang juga datang langsung ke lokasi kejadian.

Lanjut Iptu Awaludin, Salimun bersama dengan keluarga memilih tetap bertahan di dalam rumah pasca kejadian longsor yang mengakibatkan kerugian material kurang lebih senilai Rp. 5 juta Rupiah tersebut.

Baca juga:  Layanan Keuangan Terintegrasi Di Bandar Lampung Terkini

“Sementara masih aman. Semoga sampai selanjutnya juga aman terus. Tapi kami berpesan untuk tetap harus waspada, terutama jika hujan lebat seperti hari kemarin itu”, pungkasnya. (Herman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *