HUT Ke – 55 Lustrum Angkatan XI SPP SPMA/SMKN SPP Asahan, Bupati : Sektor Pertanian Hadapi Tantangan Global

HUT Ke – 55 Lustrum Angkatan XI SPP SPMA/SMKN SPP Asahan, Bupati : Sektor Pertanian Hadapi Tantangan Global

Asahan (Sumut) | detik News – Sambut hari ulang tahun ke – 55, ratusan Abituren atau alumni Lustrum SPP SPMA/SMKN SPP Asahan angkatan ke – XI tahun 2023 berikan santunan kepada 50 orang anak yatim piatu serta 25 orang kaum duafa di sekitar Rawang Panca Arga sekaligus pemberian tali asih kepada mantan kepala sekolah dan guru guru purna bakti.

Ketua ikatan alumni/Abituren Lustrum angkatan ke XI Sekolah Perkebunan Pertanian Sekolah Pertanian Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Sekolah Perkebunan Pertanian ( SPP SPMA/SMKN SPP ) Asahan, H. Julianto dalam kata sambutannya menjelaskan, sejarah SPP SPMA Daerah/SMKN SPP Asahan ini didirikan atau diresmikan pada tanggal 15 Januari 1968 oleh mantan Bupati Asahan Alm. H.Abdul Manan Simatupang, Minggu (15/01/2023 ) pukul 14.00 Wib di halaman SMKN SPP Rawang Asahan.

Keterangan foto : Mewakili Bupati Asahan, Kadis Pertanian Oktoni Erianto, M.MA didampingi Kepala SMKN SPP Asahan Ardi Aliansyah, M.Pd mewakili Kacabdis Pendidikan SMA- SMK Kisaran. ( foto/Joko )
Keterangan foto : Mewakili Bupati Asahan, Kadis Pertanian Oktoni Erianto, M.MA didampingi Kepala SMKN SPP Asahan Ardi Aliansyah, M.Pd mewakili Kacabdis Pendidikan SMA- SMK Kisaran. ( foto/Joko )

Saat pertama kali diresmikan lanjut Julianto, SPMA Daerah Asahan awalnya terletak atau berlokasi di Sentang Kisaran. Pada tahun 1980 sampai 1981 SPMA Daerah Asahan namanya berubah menjadi SPP – SPMA Daerah Asahan, dan untuk memenuhi standard IBRD maka pada tahun ajaran 1986/1987 SPMA Daerah kembali pindah ke lokasi di Desa Rawang Pasar V Kecamatan Rawang Panca Arga.

Selanjutnya pada tahun 2007 SPP SPMA Daerah Asahan berubah lagi menjadi SPP SPMA Negeri Asahan dan berdasarkan peraturan pemerintah seluruh sekolah kejuruan harus mencantumkan nama Sekolah Menengah Kejuruan, seiring dengan perkembangan jaman dan perkembangan sekolah akhirnya dinaikkan statusnya menjadi sekolah negeri yang disingkat dengan SMKN SPP Asahan.

Baca juga:  Analisis Keuangan Bisnis Di Bandar Lampung Kreatif

Sejak awal berdirinya SMKN SPP Asahan, dimana setiap 5 tahun sekali Abituren atau alumni SPP SPMA/SMKN SPP Asahan mengadakan silaturahmi guna mengenang masa sekolah sesama teman se – asrama ketika sama sama menimba ilmu disekolah ini. Kegiatan inilah biasa disebut Lustrum, dan Lustrum kali ini sudah yang ke – XI dalam arti sekolah ini sudah berumur 55 tahun. Acara Lustrum angkatan ke – XI berlangsung dari tanggal 14 sampai 15 Januari, ungkap Julianto.

Bupati Asahan H. Surya, B.Sc yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Asahan, Oktoni Erianto, M.MA dalam sambutan arahannya mengatakan, saat ini sektor pertanian banyak menghadapi tantangan, baik ditingkat nasional maupun global. Diawali dari ermasalahan pandemi Covid – 19, perang Rusia – Ukraina yang akhirnya menyebabkan ketersediaan pangan dunia terganggu.

Disamping itu isu inflasi yang membuat harga harga komoditas pertanian bergejolak, isi impor beras nasional, rantai tata niaga dalam negeri yang belum berpihak kepada pelaku usaha serta regenerasi petani. Namun kita juga harus bangga karena pada saat semua tantangan itu muncul, sektor pertanianlah yang terbukti mampu bertahan bahkan mampu memberikan kontribusi besar bagi pendapatan nasional, terangnya.

Baca juga:  Cara Membuat Sambal Ijo Yang Nikmat

Sekolah pertanian ini adalah wadah pencetak insan pertanian baru dan memiliki kompetensi, khusus bagi alumni yang sudah berhasil. Mari kita satukan langkah semangat kita, mari sama sama kita bangun generasi penerus pertanian yang lebih baik agar pertanian berkelanjutan dari sisi sumber daya manusia bisa kita wujudkan.

Kita mampu untuk lebih berkontribusi, bersama membangun, mendidik dan mencetak generasi muda pertanian demi masa depan yang lebih baik lagi. SMKN SPP Asahan ini harus mampu untuk terus menciptakan dan melahirkan generasi baru sebagai insan pertanian yang cerdas dan tangguh serta memiliki disiplin dedikasi yang baik.

Mari kita olah tanah tanah yang subur ini, kita terapkan teknologi teknologi yang modern serta kita bangun pertanian yang terstruktur dari hulu hingga hilirnya. Dari tempat inilah kita ditempa dan ditempat inilah kita harus kembali. Berkumpul untuk bersilaturahmi dan berkontribusi membangun guna memajukan sekolah yang sangat kita banggakan ini, mari kita tunjukkan bahwa insan pertanian yang profesional lahir dari sekolah SMKN SPP Asahan ini, tegas Oktoni.

Keterangan foto : Ratusan Abituren atau alumni hadiri dan meriahkan acara HUT ke - 55 sekaligus  Lustrum angkatan ke XI SPP SPMA/ SMKN SPP Asahan ( foto/Joko )
Keterangan foto : Ratusan Abituren atau alumni hadiri dan meriahkan acara HUT ke – 55 sekaligus Lustrum angkatan ke XI SPP SPMA/ SMKN SPP Asahan ( foto/Joko )

Sementara itu mewakili Kacab SMA – SMK Kisaran Kurnia Utama, ST, Kepala SMKN SPP Rawang Asahan, Ardi Aliansyah, M.Pd dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Abituren atau alumni SPP SPMA / SMKN SPP Asahan yang telah banyak memberikan kontribusi, masukkan serta dukungan baik moril ataupun materil untuk perkembangan dan kemajuan sekolah perkebunan dan pertanian ini.

Baca juga:  Rohmat Selamat : Siapapun Pemimpin Kabupaten Bogor 2024, Harus Memiliki Komitmen Program Utama UHC Bagi Masyarakat

Kegiatan Lustrum ke – XI ini menjadikan motivasi serta semangat untuk tetap berusaha memajukan SMKN SPP Asahan. Tak lupa kami juga mengucapkan terimakasih kepala Abituren atau alumni SPP SPMA/ SMKN SPP Asahan yang telah memberikan bantuan renovasi untuk musholla SMKN SPP Asahan. Semoga kegiatan Lustrum ini dapat terus berlangsung sampai ke generasi SMKN SPP selanjutnya, harap Ardi.

Hadir dalam kegiatan Lustrum ke – XI , HUT 55 TAHUN SPP SPMA/SMKN SPP Asahan, Mewakili Bupati Asahan Kadis Pertanian Oktoni Erianto, M.MA, Sekretaris Camat Rawang Panca Arga Supryadi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kisaran Kurnia Utama, ST, Mantan kepala sekolah beserta guru guru purna bakti, Kepala SMKN SPP Asahan Ardi Aliansyah, M.Pd, Kepala Desa Rawang Pasar IV, V dan Pasar Lama, Para guru dan staf pengajar SMKN SPP Asahan, Para Abituren/alumni SMKN SPP Asahan serta tamu undangan lainnya. ( Joko )

Follow Berita detik News di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *